Follow by Email

Menu

FRUIT PIE

Sudah lama banget pengen bikin fruit pie, tapi baru malam ini bisa kubuat. Saking pengennya bikin kue ini, dibela – belain nyari cetakan pie malam – malam di toko penjual loyang. Eh, ternyata eh ternyata, tokonya tutup. Ya udah atret balik pulang. Tapi sebelum pulang karena perut sudah keroncongan, mampir dulu ke warung nasi goreng teman lama. Ketemu temen lama, ngobrol dulu ngalor ngidhul. Abis beli nasi goreng, bawa pulang ke rumah, trus bongkar – bongkar lemari peralatan ibu, eh...... ternyata si cetakan pie lagi ngumpet di lemari. Dengan semangat 2012 yang kembali menyala, langsung deh cabut ke mini market terdekat buat beli bahan – bahan untuk membuat fruit pie. Dan inilah resep yang aku dapatkan dari web ncc – indonesia.
FRUIT PIE
Bahan kulit :

-  250gr tepung terigu serbaguna
-  125gr mentega
-  ½ sdt garam
-  5 sdm air dingin

Bahan vla

- 500cc susu
- 100gr gula kaster
- 5btr kuning telur
- 30gr tepung maizena
- 1 sdm mentega
- 1 sdt vanili extract

Bahan topping

- Aneka buah, seperti strawberi segar, kiwi, anggur, jeruk, nanas, buah kaleng, semangka, melon dicetak bulat.

Bahan siraman

-  1sdt agar – agar putih
-  100cc air
-  1sdt gula  (didihkan ketiga bahan ini sisihkan)

CARA MEMBUAT
- KULIT PIE
  •   Uleni bahan kulit hingga menjadi adonan liat, gilas tipis, cetak pada cetakan pie kecil, tusuk – tusuk bagian bawahnya dengan garpu agar pie tidak menggelembung. Oven hingga matang. Lebih kurang 20 menit.
- VLA

  •   Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, campur kuning telur, aduk rata, sisihkan.
  •   Rebus susu dan gula hingga mendidih, masukkan campuran maizena dan kuning telur, aduk cepat, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat. Sisihkan.
- PENYELESAIAN

  •   Isi mangkuk pie dengan vla, hias dengan potongan buah, siram 1 sendok agar – agar bening. Sajikan.

Hasil dari kulit pie buatanku ternyata keras, gak bisa renyah krispi. Akhirnya aku tannyain ke temen2 di grup NCC, ternyata kalo nguleni bahan gak boleh langsung kena telapak tangan tapi harus pake dua pisau pastry atau garpu sampai adonan berpasir, baru deh langsung digilas pake penggilas adonan dan dicetak sesuai cetakan pie. Lalu aku pikir – pikir juga apa karena adonanku gak pake telur jadinya keras. Dan aku nyoba bikin lagi dengan menambahkan 2  butir telur pada adonan pieku dan hasilnya, taraaaaaaaaa.. empuk krenyes kayak kulit pie idamanku. Qiqiqiqiqi. Dan untuk bahan vla aku tambahkan maizena sedikit lebih banyak kurleb 50 gram agar vla sedikit kaku. Secara rasa vlanya tetep enak, namun tidak encer.



No comments:

Post a Comment

Author

authorHello, my name is Enggar Rahayu and I really love Baking n' Cooking! Follow our social media to get more info, tips and trick, etc



Total Pageviews