Follow by Email

Menu

BLACK BURGER ATAU BURGER HITAM


Black burger atau burger hitam yang sempat booming 2 tahun lalu di Jepang yang dikeluarkan oleh sebuah restaurant cepat saji disana dan sedang booming tahun kemarin di Indonesia adalah sensasi baru dari burger dengan bun atau rotinya yang berwarna hitam, kejunya berwarna hitam, serta daging burgernya yang juga berwarna hitam. At least yang namanya burger ya begitu - begitu saja rasanya, hanya saja yang menjadikannya beda adalah warnanya. Sebenarnya ada juga varian baru selain dari black burger, yaitu green tea burger dan red velvet burger. Karena penasaran banget dengan yang namanya black burger, maka sebelum eksekusi seperti biasa saya berburu bahan - bahan yang extra ordinary sebagai ingredientsnya. Salah satu bahan yang membuat burger ini bisa berwarna hitam adalah penggunaan bubuk arang bambu (bamboo charcoal)yaitu bubuk yang dibuat dari batang bambu yang dibakar untuk dijadikan arang kemudian dihaluskan. Sebenarnya arang ini termasuk potongan - potogan limbah yang tidak digunakan. Meskipun limbah bubuk arang bambu ini memiliki banyak manfaat diantaranya : membuat nasi lebih pulen, menambah kandungan mineral pada air dan menetralisir zat - zat bebahaya pada air, menjernihkan minyak goreng, mengurangi radiasi pada komputer dan televisi, menghiangkan bau pada kulkas, menghilangkan bau apek pakaian di lemari, menyerap bau rokok pada ruangan, dan yang paling penting manfaatnya bagi tubuh adalah mampu mengikat racun - racun dan zat kimia, seperti sianida, asam lemak, formalin, metaldehyde, racun tanaman, obat - obatan, botox dan merkuri dikarenakan bubuk arang bambu ini mengandung Natural Activated Charcoal. Jadi anda tidak perlu khawatir karena bubuk arang bambu ini aman bagi tubuh. Sedikit saja menggunakan bahan arang bubuk ini, karena menurut saya jika terlalu banyak digunakan roti akan memiliki tekstur sedikit kering dan rasanya agak getir. 





penampakan bubuk arang bambu / bamboo charcoal
Selain menggunakan bamboo charcoal sebagai pemberi warna hitam, bisa juga digunakan tinta cumi dimana dalam penggunaan tinta cumi ini tekstur roti akan sedikit lembab dan lembut dan tentunya harganya sedikit mahal karena kita memerlukan agak banyak tinta cumi tersebut. Dan apabila anda tidak menemukan kedua jenis bahan tersebut untuk dibuat sebagai black burger, anda bisa saja menggunakan pewarna makanan berwarna hitam. Penggunaannya cukup disesuaikan saja dengan jumlah bahan dan selera pewarnaan yang diinginkan. Kali ini saya membuat black burger dengan menggunakan bamboo charcoal dan tidak menggunakan keju hitam, tapi keju slice biasa, serta daging yang saya gunakan bukanlah daging burger akan tetapi bulgogi (semur daging ala Korea yang saya buat sendiri) agar memberikan varian rasa yang berbeda. Bagi anda yang tertarik untuk mencoba membuatnya silahkan simak resepnya di bawah ini.

BLACK BURGER BUN

Bahan :
  • ¾  - 1 cangkir air hangat
  • 2 sdm gula
  • 1 sdm ragi (misal : fermipan/saf instan dsb)
  • 1 ½  sdm bubuk arang bamboo/bamboo charcoal
  • 420 gram tepung
  • 1 telur (1 telur untuk olesan)
  • 3 sdm margarin/mentega, dilelehkan
  • 1 sdt garam
  • biji wijen
Cara Membuat :  
  1. Campur ¾  air dan gula dalam mangkuk kecil.
  2. Tambahkan ragi ke dalam air gula.
  3. Masukkan  arang bambu.
  4. Campurkan campuran air tadi dengan tepung, 1 telur, mentega dan garam dalam wadah , uleni hingga kalis dan elastic. (jika adonan masih belum tercampur rata/kering tambahkan sedikit air hingga dirasa cukup)
  5. Bulatkan adonan, taruh dalam wadah yang telah diolesi dengan minyak, tutup dan biarkan di tempat yang hangat sampai adonan mengembang dua kali lipat (60-90 menit).
  6. Kempeskan adonan, bagi adonan menjadi 8 bagian dan pulung seperti  bola.
  7. Susun di atas loyang berminyak dan merata beri jarak karena adonan akan mengembang ketika dipanaskan.
  8. Biarkan mengembang selama 60 menit sampai bengkak dan bulat.
  9. Kocok telur dengan satu sendok teh air dan oleskan pada permukaan roti. (Ini dimaksudkan agar roti memiliki warna mengkilat cantik)
  10. Taburi roti dengan biji wijen (sekitar ½ sendok teh per bun).
  11. Panggang dalam oven 190°C selama 15-18 menit hingga matang atau kuning kecoklatan.
  12. Angkat, biarkan dingin.
  13. Black burger siap digunakan.
Untuk keju olahan hitam
Anda akan memerlukan beberapa lembar keju olahan dan pewarna makanan cair warna hitam. Cairkan dengan metode double boiler sampai keju mencair dan beri pewarna makanan warna hitam. Tuang ke lembaran cetakan plastik, ratakan dan dinginkan. Untuk merapikannya gunakan spatula.

Sajikan black burger dengan bahan pelengkap sesuai selera, irisan ketimun, irisan toman, irisan bawang bombay, daun selada, daging burger, keju lembaran, mayonaise, saos tomat, saos sambal.




No comments:

Post a Comment

Author

authorHello, my name is Enggar Rahayu and I really love Baking n' Cooking! Follow our social media to get more info, tips and trick, etc



Total Pageviews