Follow by Email

Menu

PANDAN CHIFFON CAKE PUTIH TELUR

Punya banyak persediaan putih telur di rumah membuat saya berpikir untuk menggunakannya selain sebagai bahan tambahan lauk pauk atau sayuran adalah menggunakannya menjadi sebuah camilan atau kudapan yang enak sebagai teman minum teh di sore hari. Dikarenakan sudah bosan menggunakannnya sebagai bahan tambahan pada lauk pauk, akhirnya saya buka lagi file - file simpanan untuk mencari resep yang pas untuk dibuat sebagai cake ataupun kudapan apapun. Dan pilihan tersebut jatuh pada resep chiffon cake dari pak Sahak Pribadi yang sudah lama saya simpan pada deretan file resep - resep yang belum saya coba. Setelah membaca dan mempelajarinya akhirnya dieksekusilah resep tersebut. Berikut resepnya.



PANDAN CHIFFON CAKE

oleh Sahak Pribadi


Bahan A

  • Putih telur 525 gram ( 12 butir putih telur)
  • Gula pasir 200 gram
  • Emulsiefier 30 gram ( 1 sdm)
Bahan B
  • 200 gram tepung terigu
  • 30 gram maizena
  • 40 susu bubuk/skm
  • 40 gram coklat bubuk atau bisa diganti dengan rasa apapun dari pasta perasa (saya gunakan pasta pandan sebanyak 1 sendok teh saja) 
Bahan C
  • Minyak goreng/margarin leleh 50 gram
Cara membuat :
  1. Panaskan oven dengan suhu 170 derajat celcius.
  2. Siapkan loyang chiffon ukuran diameter 20 - 22cm, masukkan loyang ke dalam oven agar panas terlebih dahulu, tidak perlu mengolesinya dengan minyak goreng/mentega.
  3. Kocok bahan A hingga mengembang dan kaku , kira-kira selama 10 menit (tergantung kecepatan mixer)
  4. Ayak bahan B dan tambahkan kedalam kocokan telur secara bertahap, aduk hingga tercampur rata (gunakan speed rendah), kemudian masukkan Bahan C, aduk lagi hingga benar-benar tercampur dan tidak ada minyak yang mengendap
  5. Keluarkan loyang chiffon yang sudah dipanaskan sebelumnya, kemudian tuangkan adonan chiffon, ratakan dengan cara diketuk-ketuk.
  6. Oven selama kurang lebih 50 menit hingga matang atau gunakan test tusuk untuk mengetahui adonan sudah matang atau belum. 
  7. Setelah matang keluarkan dari oven dan balikkan loyang, agar chiffon tidak turun. 
  8. Biarkan hingga dingin, kemudian lepaskan dari loyang dengan menggunakan pisau tipis untuk mengikis bagian pinggir loyang.


Catatan

  1. Selalu panaskan loyang chiffon terlebih dahulu agar ketika adonan dituang tidak bocor kebawah karena loyang chiffon bongpas agak berongga. 
  2. Jangan mengoles loyang dengan minyak atau margarin, agar chiffon tidak amblas/bantat.
  3. Bila menggunakan loyang chiffon tanpa kaki, balikkan loyang dengan bantuan leher botol sebagai penyangga. 
  4. Lepaskan cake dari loyang ketika cake benar - benar sudah dingin.




No comments:

Post a Comment

Author

authorHello, my name is Enggar Rahayu and I really love Baking n' Cooking! Follow our social media to get more info, tips and trick, etc



Total Pageviews