Follow by Email

Menu



Akhirnya aku bikin kue ini juga. Secara gak pernah bikin kue ini karena gak pernah punya hajat sendiri apalagi bantuin orang yang lagi bikin karena langsung pesen ke pembuat kue tradisional ini. Resep dan cara membungkusnya aku dapatkan dari tanteku. Kue ini aku bikin untuk keperluan 3 bulanan anakku kalau orang Jawa bilang "telon - telon". Ternyata bikinnya gampang dan gak ribet. Tapi kalau gak tahu cara bungkus daunnya pun bisa bikin puyeng kepala juga. Yuk kepoin sekaligus praktekin resepnya!!!

Bahan : 
  • 1 kg beras ketan blender menjadi tepung
  • 2 butir kelapa muda diparut
  • 1/2 kg gula merah potong dadu
  • 200 ml air kelapa beri sedikit garam
Cara membuat :
1. Campur tepung ketan dan kelapa muda parut dalam wadah lebar, aduk rata.

2. Beri air kelapa sedikit demi sedikit, aduk rata hingga menjadi adonan yang agak menggumpal. Tidak perlu menuangkan seluruh air kelapa jika adonan sudah dirasa cukup menggumpal (adonan tidak juga terlalu basah).
cara mencampur adonan
3. Ambil sesendok adonan, taruh di atas daun pisang, beri potongan gula merah di tengahnya, timpa dengan sesendok adonan lagi.
4. Bungkus dengan daun pisang sampai adonan habis.
cara membungkus 
5. Kukus selama kurleb 30 menit. 

mengukus adonan
6. Angkat dari kukusan dan biarkan dingin. 


7. Sajikan. 

0



Base cake dari cake ini adalah butter cake coklat. Kalau disini orang - orang menyebutnya cake praktis, karena bikinnya juga praktis gak perlu ribet - ribet melelehkan mentega. Bahannya pun juga gampang nyarinya. Yuk kepoin aja resepnya.

Bahan :
  • 200 gram mentega
  • 200 gram gula pasir halus ( aku pakai 175 gram itu pun masih manis banget menurutku)
  • 4 butir telur antero
  • 175 gram tepung terigu protein sedang
  • 25 gram coklat bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt pasta coklat
  • 25 ml susu cair (kalo gak ada air putih juga bisa)
Filling :

  • buttercream/selai coklat/suka - suka

Topping :
  • silverqueen bites/chaca choco balls/suka - suka
  • gula halus

Cara membuat :
  1. Kocok mentega dan gula pasir halus hingga lembut dan mengembang.
  2. Masukkan telur satu per satu kocok hingga rata.
  3. Masukkan bahan kering, terigu + coklat bubuk + baking powder yang telah diayak bergantian dengan susu cair dan pasta coklat, mixer kecepatan rendah hingga rata.
  4. Tuang dalam loyang diameter 18 cm yang telah diolesi mentega dan baking paper.
  5. Panggang dengan suhu 170°C selama kurleb 35 menit dengan api atas bawah. Tes tusuk jika taka ada adonan basah yang menempel keluarkan dari oven dan dinginkan.
  6. Belah cake menjadi dua, perciki dengan simple sirup, oles dengan filling, tutup dengan belahan cake yang lain.
  7. Olesi dengan butter cream, beri topping sesuka hati. Simpan sebentar di lemari es biar set. Sajikan.
0















Lagi viral di grup memasak emak - emak. Emang enak, ngabisin nasi. Selera pedas bisa diatur sendiri yaa.. Mau berapapun takaran bahannya yang penting cocok di lidah masing - masing.

Bahan :


  • 10 butir bawang merah potong kasar
  • 20 gram ikan teri goreng
  • 10 biji cabe rawit potong kasar
  • 1 sdt terasi
  • gula 
  • garam


Cara membuat :

  1. Tumis bawang merah sampai layu 
  2. Masukan cabe rawit, terasi, ikan teri goreng
  3. Masukkan gula, garam aduk rata.
  4. Cicipi dan sajikan.

0

Kudapan di sore hari yang hujan. Cocok banget buat ngangetin badan yang lagi kedinginan. Bahan simpel dan gampang banget dapetinnya.  Hanya KOLAK PISANG.
.
.
Bahan :
  • 5 biji pisang kepok, potong - potong
  • 1 sachet santan instan
  • 150 gr gula merah
  • 1 liter air
  • 1 jari jahe
  • 1 lembar daun pandan
  • sedikit garam
Cara membuat :
  1. rebuslah air hingga mendidih.
  2. masukkan irisan gula merah,  jahe,  daun pandan dan garam hingga gula larut. 
  3. masukkan potongan pisang kepok,  biarkan setengah matang. 
  4. masukkan santan instan,  aduk dan biarkan sampai matang. Tes rasa,angkat dan sajikan


0

Ini sayur seger banget. Daun singkongnya dapet dari petik sendiri di pohon singkong depan rumah. Bumbunya pake bumbu gulai biasa. Anakku suka banget sama sayur ini plus lauknya cukup pake tahu, tempe dan pindang goreng. Gak perlu bikin sambel karena sudah ada campuran cabe rawit didalamnya.

Bahan :
  • 1 ikat daun singkong muda, cuci bersih rebus sampai empuk, tiriskan, potong2 sesuai selera.
  • 5 batang kacang panjang,  potong memanjang
  • 50 gram kacang tolo,  cuci bersih, rebus sampai empuk,  tiriskan.
  • 25 gram udang kering, rendam air panas,  cuci bersih,  sisihkan
  • 1 ruas jari lengkuas digeprek
  • 1 lembar daun salam
  • 1 ruas jari jahe digeprek
  • 1 batang serei, potong bagian putihnya,  geprek.
  • 500 ml air
  • 300 ml air santan / 65 gr santan instan tambahkan air sampai 300 ml
  • gula
  • garam

Bumbu halus :
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 biji kemiri
  • 1/4 sdt jintan sangrai
  • 1 ruas jari kunyit

Cara membuat :
  1. Rebus air dalam panci sampai mendidih, masukan potongan daun singkong dan kacang panjang hingga setengah matang.
  2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan, serei, jahe, masukan udang kering aduk sebentar,  masukan bumbu tumisan ke dalam panci sayur, aduk rata.
  3. Masukkan kacang tolo, lengkuas, daun salam, biarkan sebentar.
  4. Masukkan santan,  aduk rata,  biarkan mendidih lalu beri gula dan garam.
  5. Cicipi rasanya,  jika sayur sudah matang, angkat dari kompor. Sayur siap disajikan.
0

Ini sup seger banget dah.  Kuahnya bening, rasanya mantep, udah gitu gak ada bau prengus kambing sama sekali. Kuncinya yang penting bumbu rempahnya yang banyak, cuci bersih daging sebelum dimasak, buang air rebusan daging yang pertama. Mending langsung cuss aja resepnya. Yuukkkk

SOP KAMBING

Bahan :
  • 300 gr daging/tetelan/tulang kambing
  • 3 buah wortel, potong agak besar
  • 1 buah tomat,  potong besar
  • 1 ikat daun bawang, rajang
  • 1 ikat daun seledri
  • garam.
  • gula
Bumbu tumis :
  • 1 sdt merica, uleg
  • 2 siung bawang putih, uleg
  • 1 buah bawang bombay,  rajang tipis
Bahan pelengkap :
  • sambal kecap
  • jeruk nipis
  • bawang goreng
Cara membuat :
  1. Rebus daging sampai mendidih hingga keluar lemak dan kotorannya. Angkat dan buang airnya. 
  2. Rebus lagi daging dalam air mendidih hingga keluar kaldu dan daging empuk. 
  3. Masukan potongan wortel dan tomat hingga setengah matang,  masukan bumbu tumis, gula,  garam. Aduk rata. Tes rasa. 
  4. Setelah sayuran matang,  masukkan potongan daun prei dan selada. Masak sebentar saja. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng dan bahan pelengkap lainnya.
0

Edisi ngabisin stock daging kambing sisa lebaran idhul adha. Padahal sudah dimasak apa aja tapi perasaan kok gak habis - habis?  Mubgkin saking banyaknya mana yang makan cuma 3 Orang lagi.  

Bahan : 
  • 500 gr daging kambing
  • 2 liter air
  • 500 ml santan kental
  • 500 ml santan encer
  • lengkuas
  • serei
  • daun salam
  • daun jeruk purut
  • gula
  • garam
Bumbu halus :
  • 1 jari kunyit,  bakar sebentar
  • 1 jari jahe,  bakar sebentar
  • 1 sdt merica,  sangrai
  • 1 sdt ketumbar,  sangrai
  • 1/2 sdt pala
  • 1/2 sdt jinten,  sangrai
  • 2 siung bawang putih,  goreng sebentar
  • 4 siung bawang merah,  goreng sebentar 
  • 3 biji kemiri,  goreng sebentar
Bahan pelengkap :
  • bumbu kacang (kacang disangrai,  buang kulit arinya, uleg bersama lombok + bawah putih + garam) .
  • kecap manis
  • jeruk nipis
Cara membuat :
  1. bersihkan dan cuci daging.
  2. rebus air mendidih bersama daging,  biarkan lemak dan kotoran keluar. Angkat dan buang airnya. 
  3. rebuslah air hingga mendidih,  masukkan daging, lengkuas,  serei,  daun salam dan daun jeruk purut,  biarkan kaldunya keluar dan daging empuk. 
  4. masukkan bumbu halus yang telah ditumis hingga harum dan santan encer. Biarkan bumbu meresap,  aduk rata. 
  5. Masukkan santan kental, sambil di aduk2 sebentarr agar santan tidak pecah. Tes rasa. 
  6. angkat dan sajikan gulai kambing bersama pelengkap.

0

Paling suka jenis lauk kayak gini kalau pas lagi beli nasi pecel. Rasanya yang manis gurih bisa bikin habis nasi sewakul. (keliatan banget rakusnya)   Lauk jenis ini bisa dibilang mahal karena dari bahan dan proses pembuatannya yang lumayan lama. Biasanya kalau ada persediaan daging sapi lebih, aku selalu bikin jenis lauk kayak gini buat persediaan kalau pas lagi males masak. Praktis dan enak. Dicoba yuk resepnya ibu - ibu.

SERUNDENG DAGING SAPI 

Bahan :
  • 1 butir kelapa parut (tidak terlalu muda, tidak terlalu tua)
  • 500 gr daging sapi, cuci dan bersihkan
Bumbu ungkep daging :
  • 3 butir bawang putih
  • 1 sdm ketumbar - 1 sdt garam
Bumbu halus : 
  • 8 butir bawang merah
  • 5 butir bawang putih
  • 2 sdm ketumbar
  • 1 sdm asam jawa
  • 1/2 sdt terasi
  • 50 gr gula merah
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
Bumbu lain :
  • 1 ruas jari lengkuas,  iris tipis,  geprak
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk purut
Cara membuat :
  1. Haluskan bumbu ungkep daging. 
  2. Rebus air hingga mendidih, masukkan daging dan bumbu ungkep. Biarkan sampai daging empuk. Angkat dinginkan. 
  3. Iris tipis daging.  Sisipkan. 
  4. Campur kelapa parut, irisan daging,  dan bumbu halus. Aduk rata,  biarkan beberapa saat agar bumbu meresap. 
  5. Panaskan wajan,  beri sedikit minyak goreng,  masukkan campuran kelapa parut, lengkuas, daun salam, daun jeruk purut. Masak sampai matang dan kecoklatan. (parutan kelapa saling terpisah) 
  6. Tes rasa,  angkat dan sajikan.

0

Kalau lagi pengen makan ikan, paling gampang beli ikan tuna terus dimasak macem - macem.  Mulai dari digoreng,  dibakar,  dirica - rica,  dibikin bakso,  sampai dibumbu asam manis. Nhaa, kali ini lagi pengen banget bikin tuna goreng dibumbu asam manis. Coba deh baca dulu resepnya. 



TUNA GORENG BUMBU ASAM MANIS 



BAHAN :

  • 1 ekor tuna segar potong2 dadu/fillet tipis (bumbui dengan garam + air jeruk nipis, diamkan sebentar)
  • tepung bumbu serbaguna


BAHAN BUMBU ASAM MANIS:
  • 2 siung bawang putih, rajang tipis
  • 1 buah bawang Bombay, rajang tipis
  • 1 buah tomat, belah jadi empat
  • sedikit air
  • 2 sdm pasta/saos tomat
  • 1 sdt merica bubuk
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya



CARA MEMBUAT:
  1. Goreng ikan tuna dengan dilumuri dulu tepung bumbu. Setelah matang angkat dan sisihkan.
  2. Tumis bawang putih dan bawang Bombay sampai harum.
  3. Masukkan potongan tomat, aduk sebentar. 
  4. Tuangi air dan saos tomat. Biarkan mendidih.
  5. Beri merica bubuk, gula dan garam secukupnya. Aduk rata, Tes rasa.
  6. Setelah matang, siramkan ke ikan tuna goreng. Sajikan.



0

Kalau lauknya sudah model kayak gini, percaya deh bakal ngabisin nasi sebakul. Bikinnya cepet dan praktis banget gak perlu pake uleg. Sambelnya seger bikin perut pengen nambah lagi dan lagi. Asli ketahuan kalau doyan makan. Hehehee...

PE ASAP SAMBAL DABU - DABU

BAHAN :
  • Ikan pe/pari panggang sampai matang


BAHAN SAMBAL DABU :
  • 2 buah tomat potong dadu kecil
  • 5 biji cabe rawit potong2
  • 2 siung bawang merah rajang halus
  • 1 buah jeruk nipis/purut ambil airnya
  • 1 sdm minyak panas
  • garam secukupnya


CARA MEMBUAT :
  1. Campur tomat, cabe rawit dan bawang merah.
  2. Beri perasan air jeruk nipis, aduk rata.
  3. Tuangi minyak panas dan garam, aduk rata. 
  4. Tes rasa dan sajikan.


0

Bulan kemarin pas lagi musim mangga hampir tiap hari ngolah apa aja yang berbahan dasar mangga. Dan paling sering bikin sambel mangga muda. Dapatnya mangga juga gak metik tapi nunggu ada mangga muda yang jatuh baru dibikin. Hihihi alesan aja.

BENGGOL ASAP SAMBEL PENCIT aka MANGGA MUDA

BAHAN :

  • 2 ekor ikan benggol/kembung, cuci bersihkan dan panggang sampai matang



BAHAN SAMBAL :

  • 1 buah mangga muda, cacah memanjang/serut
  • 1 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 3 buah cabe rawit
  • 1 sdm terasi bakar
  • gula
  • garam secukupnya
  • 1 sdm air jeruk nipis



CARA MEMBUAT:

  1. Goreng duo bawang, cabe rawit.
  2. Uleg bumbu gorengan bersama terasi, gula, garam.
  3. Masukkan serutan buah mangga, beri air jeruk nipis. Aduk rata.
  4. Tes rasa dan sajikan bersama ikan panggang.



0

So yummy.. Itu yang pantas buat masakan yang satu ini. Bener - bener ngabisin nasi tetangga. Hahaha... Yang jelas emang endhul banget dah! You must try it.

CUMI SAOS PADANG
.

.

BAHAN :

  • 500 gr cumi segar, cuci dan bersihkan, potong - potong. Sirami dengan air jeruk nipis, sisihkan.


BUMBU TUMISAN :
  • 2 siung bawang putih, rajang tipis
  • 1/2 siung bawang Bombay, rajang tipis
  • 3 buah cabe rawit, potong serong
  • 2 buah cabe ijo/merah, potong serong



BAHAN LAINNYA;

  • 4 sdm saos tomat
  • 2 sdm saos tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 ruas jari jahe, geprek
  • 1 sdt merica bubuk
  • gula
  • garam secukupnya
  • 1 sdm tepung maizena dilarutkan dengan sedikit air
  • 1 batang daun bawang, rajang
  • 1 buah tomat potong potong



CARA MEMBUAT:

  1. Cuci bersih cumi yang telah dikucuri jeruk nipis
  2. Tumis bumbu tumisan hingga harum
  3. Masukkan potongan cumi, saos, kecap, jahe, merica bubuk, gula, garam. Biarkan mendidih dan cumi matang (jangan terlalu lama agar cumi tidak alot)
  4. Masukkan potongan tomat, larutan maizena. Biarkan mengental. Tes rasa.
  5. Taburi daun bawang, aduk. Angkat dan sajikan.



0

Ada stock tempe semangit atau tempe medem kalo orang Jawa bilang, sayang kalo dibuang. Maka dibikinlah mendholtempe aka lentho tempe. Ternyata bos kecil suka, sampai makannya nambah2. 


MENDHOL/LENTHO TEMPE

.
.
BAHAN :
  • 500 gr tempe semangit/medem kukus sampai matang

BUMBU HALUS :
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1/2 ruas jari lengkuas muda, kupas kulitnya
  • 2 butir kemiri, goreng sebentar agar tidak langu
  • 3 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
  • 2 biji cabe merah
  • gula
  • garam secukupnya 
  • 1 sdm tepung terigu sebagai pengikat adonan agak tidak hancur saat digoreng


CARA MEMBUAT :

  1. Uleg tempe yang telah dikukus tidak perlu sampai halus, sisihkan.
  2. Uleg bumbu sampai halus, masukkan tempe ulegan, aduk rata. Taburi tepung terigu, aduk rata.
  3. Kepali adonan bentuk bulat pipih/sesuka selera. 
  4. Goreng adonan sampai matang. Angkat, sajikan.


0

Ini adalah jajanan favorit saya.  Kalau mau nyari penjualnya sekarang sudah jarang banget.  Makanya mending bikin sendiri aja daripada kebayang - bayang terus.  Jajanan jaman old yang tetep wow di jaman now.




BAHAN :
  • 1/2 kg beras ketan, cuci bersih


PELENGKAP :

  • 1/2 butir kelapa parut setengah tua (kelapa untuk bikin urap)
  • 1/4 kg gula Jawa/merah
  • 100 ml air


CARA MEMBUAT :

  1. Kukus ketan selama kurleb 15 menit kemudian angkat dan dinginkan
  2. Bungkus ketan dengan daun pisang menyerupai lontong dan isi yang padat agar ketan tidak terlalu lemas ketika matang nanti
  3. Rebus ketan yang sudah dibungkus selama kurleb 2 jam atau sampai matang
  4. Angkat dan biarkan dingin
  5. Dalam panci rebus irisan gula merah dan sedikit air aduk terus sampai mendidih dan gula larut. Matikan dan biarkan dingin.
  6. Parut kelapa dan beri sedikit garam agar terasa gurih.
  7. Sajikan irisan ketan beri parutan kelapa dan siram dengan gula merah cair.


0

Bikin roti yang mudah dan cepet. Sarapan pagi ini plus bekal sekolah buat si kecil.

Bahan :

  • 200 gr tepung protein tinggi
  • 100 gr tepung protein sedang
  • 60 gr gula pasir
  • 6 gr ragi instan
  • 20 gram susu bubuk
  • 2 kuning telur
  • 120 ml susu cair dingin/air dingin
  • 40 gram mentega tawar/margarin
  • sedikit garam
Toping : 
  • wijen/misis sesuai selera

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan kecuali garam dan mentega. Uleni hingga Kalis.
  2. Masukkan garam dan mentega, uleni sampai kalis elastis.
  3. Istirahatkan adonan kurleb 30 menit, tutup dengan plastik atau biarkan sampai mengembang 2x.
  4. Kempiskan adonan, timbang @ 40 gram atau sesuai selera. 
  5. Tata dalam loyang (22x22x4 cm). Biarkan selama kurleb 45 menit atau sampai mengembang 2x.
  6. Olesi permukaan adonan dengan susu cair + mentega, beri toping.
  7. Panggang dalam oven 170 derajat selama kurleb 20 menit atau sampai matang.
  8. Dinginkan.


0

Bikin pengoles loyang sendiri murah meriah. Hasilnya di cake juga mulus.  Kalau beli yang sudah jadi semacam Carlo harganya mehong,  ciinnnn 😅 Yuk,  dicoba! 


Bahan :
  • 1 sdm tepung terigu 
  • 1 sdm margarin 
  • 1 sdm minyak sayur

Cara membuat :

  1. Campur semua bahan,  aduk rata. Siap digunakan.


0

Author

authorHello, my name is Enggar Rahayu and I really love Baking n' Cooking! Follow our social media to get more info, tips and trick, etc



Total Pageviews