Follow by Email

Menu

Olahan ikan bandeng lainnya yang sangat mudah adalah menggorengnya dan menyajikannya dengan sambal tomat atau sambal lainnya dengan cara dipenyet. Selain enak juga mengasyikan ketika menikmati menu ini dengan nasi hangat dan beberapa lalapan sayuran mentah, apalagi makannya rame - rame bersama keluarga. Cara menggorengnya pun cukup mudah karena tidak memerlukan bumbu yang terlalu banyak untuk marinade ikan ini. Cukup gunakan garam dan perasan air jeruk nipis sudah membuat gurih ikan ini ketika digoreng. Yuk cobain resepnya!
Bahan :
  • 2 ekor ikan bandeng, bersihkan, cuci bersih dan potong sesuai selera
Bahan marinade :
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm air jeruk nipis
Bahan sambel :
  • 7 butir cabe rawit, cuci bersih, buah tangkainya
  • 2 buah tomat, cuci bersih, belah menjadi dua atau tiga, goreng dalam sedikit minyak hingga setengah empuk
  • 3 butir bawang merah
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya
  • sedikit irisan jeruk purut/limau
Cara membuat :
  1. Rendam ikan bandeng dalam bumbu marinade selama setengah jam kemudian goreng sampai matang. Sisihkan.
  2. Buat sambal tomat, letakkan semua bahan sambal dalam cobek kecuali tomat dan irisan jeruk purut, haluskan dengan ulegan.
  3. Setelah semua halus masukkan tomat, uleg sampai halus dan rata.
  4. Kemudian penyet irisan jeruk purut/limau, masukkan ikan bandeng goreng di atasnya, penyet seperlunya saja. 
  5. Sajikan dengan lalapan dan nasi hangat.
steps

0

Ini adalah masakan praktis yang tidak terlalu ribet mengolahnya, meski agak ribet ketika membersihkan ikan dan harus menyisihkan durinya ketika hendak dimakan. Tidak perlu digoreng dan merupakan makanan sehat menurut saya. Karena tidak menggunakan minyak goreng ataupun penyedap rasa (msg) karena rasa kaldu dari ikannya sudah memberikan rasa yang gurih dan enak. Makanan khas masyarakat Indonesia bagian timur meski kadang sering juga saya jumpai beberapa hampir mirip cara pengolahannya di daerah Indonesia bagian barat dan tengah, misal saja orang Tuban (Jawa Timur) menyebutnya "Kelan Mrico" atau Sayur Mrico. Bisa disebut masakan orang Indonesia asli dong. Hehehee. Kalau di Indonesia bagian Timur masakan ini sering disandingkan dengan tepung sagu yang diolah menjadi seperti bubur/lem yang biasa disebut Sinonggi/kapurung (Sulawesi) atau Papeda (Papua). Cara makannya pun cukup unik, sagu yang telah diolah menjadi bubur diberi kuah sayur atau palumara ini kemudian di campur sambal, lalu cara memakannya tidak menggunakan sendok seperti cara kita memakan makanan berkuah pada umumnya namun hanya menggunakan tangan atau kalau orang Jawa bilang "muluk" dan ketika seluruh ampas telah habis menyisakan kuahnya, maka kuah tersebut tinggal diseruput dari bibir piring makan kita. Cukup unik bukan? Dan Palumara ini bisa diganti dengan jenis ikan segar lainnya seperti ikan tuna segar atau cakalang atau kepiting atau yang lainnya. Berikut resepnya.
Bahan :
  • 3 ekor ikan bandeng, bersihkan dan cuci bersih, potong sesuai selera
  • 3 siung bawang putih, rajang kasar
  • 4 siung bawang merah, rajang kasar
  • 7 butir cabe rawit (sesuai selera), cuci bersih biarkan utuh
  • 4 butir belimbing wuluh/sayur, cuci bersih, potong memanjang
  • 1 genggam daun kemangi, cuci bersih
  • 1 batang serei, cuci bersih, geprek
  • 2 butir asam jawa + 1 ruas kunyit dihaluskan (1 sdt bubuk kunyit) + 300 ml air), campur jadi satu
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya

Cara membuat :

  1. Letakkan ke dalam panci ikan bandeng, lalu kemudian taruh di atasnya bahan yang lain secara berurutan.
  2. Masukkan campuran air asam jawa dan kunyit, lalu terakhir masukkan gula dan garam.
  3. Rebus di atas kompor sampai ikan matang atau air menyusut setengahnya.
  4. Angkat dari atas kompor dan sajikan setelah dingin.
steps

0


Bikinnya gampang gak pakai ribet. Kalau pengen bikin acar ini sebagai tambahan menu apertizer (gimana nulisnya?) anda, cukup lakukan beberapa langkah berikut. Rasanya yang segar, asem, manis like a roller coaster (apa sih?) mampu menggugah selera makan. Yuk ah langsung aja cus resepnya, lagi gak ada ide buat nulis banyaakkk...  Heheheee
Bahan :
  • 2 buah mentimun, kupas kulitnya, belah memanjang, buang isinya, potong2 korek api/sesuai selera, cuci bersih.
  • 1 buah wortel, kupas kulitnya, potong2 korek api, cuci bersih.
  • 5 buah cabe rawit, cuci bersih, potong sesuai selera/utuh
  • 3 siung bawang merah, iris kasar
  • 2 sdm gula
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm cuka masak
  • 100 ml air hangat

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan, aduk  hingga gula dan garam larut. 
  2. Simpan dalam wadah tertutup, biarkan dalam kulkas selama 2 jam.
  3. Acar siap digunakan.
  4. Sajikan.

steps

0


Cake ini nampol banget deh rasanya. Selain lembut dan wangi, cake ini juga bikin ketagihan. Aslinya rakus. Heheheee... Cake dengan jenis butter cake seperti ini selalu jadi favorit saya karena proses pembuatannya yang mudah dan rasanya selalu mantap dikarenakan teksturnya yang padat lembut dan aroma butternya yang selalu menggugah selera. Dalam tahap pembuatan cake ini gunakan mode pengocokan kecepatan tinggi agar mentega tidak mencair dan bahan yang lain segera tercampur rata. Ketika memasukkan bahan kering jangan mengaduknya terlalu lama agar tidak terbentuk gluten dalam adonan yang dapat menyebabkan kue menjadi bantat dan keras, cukup sampai tercampur saja. Dan untuk menikmati cake jenis ini paling enak ketika cake sudah menginap dalam suhu ruang, karena jika cake disimpan dalam kulkas maka butter yang dalam cake akan menjadi beku dan tekstur kue menjadi kasar beremah. Untuk lebih jelasnya yuk coba resep berikut!!

LEKKER HOLLAND
Bahan :
  • 220 gram tepung terigu protein rendah/sedang
  • 100 gram unsalted butter
  • 100 gram margarin 
  • 1 butir telur
  • 125 gram gula pasir/halus
  • 1 sachet susu bubuk full cream
  • 1 sdt vanila bubuk

Topping :
  • almond slice, kismis, keju dsb (optional)

Bahan olesan :
  • 1 butir kuning telur kocok lepas

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang olesi dengan margarin/minyak tipis lalu alasi dengan baking paper olesi lagi dengan margarin.
  2. Panaskan oven pada suhu kurang lebih 160 derajat celcius.
  3. Dalam wadah campur telur, butter, margarin, vanila gula mixer dengan kecepatan tinggi sampai adonan rata, pucat, dan lembut.
  4. Masukkan campuran terigu dan susu bubuk yang sudah diayak, aduk rata dengan spatula sebentar saja.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan dengan spatula kemudian olesi permukaannya dengan kuning telur, kerat/garis dengan garpu, taburi dengan topping.
  6. Masukkan ke dalam oven dengan suhu 160 delcel api bawah selama 25 menit, kemudian api atas 15 menit atau sampai matang.
  7. Keluarkan dari oven, biarkan dingin, angkat dari loyang dan potong - potong sesuai selera.

step by step

0


Baby shark du du du...
Baby shark du du du...
Enggak tahu mesti kasih nama apa sama masakan satu ini. Tadinya cuma penasaran dengan ikan ini karena gak biasa tahu orang jualan si baby shark ini apalagi di daerah yang jauh dari pantai seperti kotaku ini. Pas penjual ikan langganan posting status kalo di varian jualannya ada si baby shark langsung deh japrian mesen 2 ekor. Cuma gara - gara penasara aja pengen tahu wujud aslinya pas masih baby imut - imut itu kayak apa. Eh, nyampek di rumah malah bingung mau dimasak apa. Secara baru pertama kali ini beli ini ikan. Dari baunya amis banget deh ini ikan gak kayak ikan - ikan perairan dalam kayak tuna yang lebih segar aromanya. Jadi belum juga mulai masak sudah bayangin ngerinya dia kalau pas lagi makan ikan - ikan kecil temennya. Karena jadi illfeel duluan maka ditundalah rencana memasaknya sampai hari berikutnya. Sebelumnya dibersihin dulu tuh ikan baru masukin freezer. Kulitnya sih kasar tapi pas dikerok gak keluar sisiknya sama sekali. Biar ikan awet di dalam kulkas mesti dibersihin dulu semua mulai dari isi perut dan sisik - sisiknya biar gak bau amis dan cepet busuk. Terus cuci bersih taruh di wadah bersih tertutup. Kalau pengen ngilangin bau amisnya pas mau masak marinade dulu pake air perasan jeruk nipis dan garam. Karena menurut saya ikan ini baunya antar amis dan anyir, maka sebelum masak saya kasih dulu perasan jeruk nipis dan garam, terus digoreng kering. Dalam bahan - bahan bumbunya berikan kunyit, asam jawa, kemangi, belimbing sayur dan jahe untuk meminimalisir bau amisnya yang minta ampun bikin nyerah. Kali ini ikan ini saya bumbu kuning dengan jumlah cabenya agak banyak biar tambah hot. Resep ini saya dapat dari ibu ketika nanya enaknya dimasak apa ikan jenis kayak gini. Yuk ah, cus resepnya di bawah ini.
Bahan :
  • 2 ekor ikan hiu (kalau gak suka n gak tega ganti aja ikan jenis lain kayak tuna atau bandeng), bersihkan, cuci bersih, marinade dengan air perasan jeruk nipis dan garam, sisihkan.
Bumbu uleg :
  • 10 biji cabe rawit
  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 3 butir kemiri
  • 1/2 sdt asam jawa
Bumbu lainnya :
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya
  • 1 ikat kemangi
  • 1 buah tomat, potong jadi 4
  • 5 buah belimbing sayur (belimbing wuluh), potong - potong
  • 1 lembar daun salam
Bahan lainnya :
  • 500 ml air/santan
  • minyak untuk menggoreng ikan dan menumis bumbu
Cara Membuat :
  1. Goreng ikan yang telah dimarinade sampai kecoklatan atau ikan matang, tiriskan.
  2. Tumis bumbu ulegan sampai harum dan matang, beri air, potongan tomat, gula, garam dan daun salam, biarkan sampai mendidih.
  3. Masukkan ikan yang sudah digoreng, aduk rata biarkan sebentar agar bumbu meresap.
  4. Setelah bumbu meresap, masukkan potongan belimbing wuluh. Aduk dan biarkan sampai air sedikit menyusut.
  5. Setelah matang, masukkan daun kemangi, aduk sebentar, matikan kompor.
  6. Siap dihidangkan.








0

Punya keponakan satu ini cerewetnya minta ampun. Tiap kali datang ke rumah kalau ketemu banyak banget yang diomongin. Emang sih anaknya selain imut, lucu juga cerdas. Apa aja ditanyakan kalau pas ketemu. Nha kemarin atau hari ini adalah ulang tahunnya,  Eh, kok? Hehehe yang mau bikinin acara tinggal pilih aja mau tanggal 28 atau 1 karena sebenarnya hari ultahnya itu jatuh tiap empat tahun  sekali. Jadinya suka - suka mau dirayain kapan. Karena dia minta buliknya kudu yang buatin kuenya.  Kebetulan pas bikin ini kue tukang bakingnya lagi kerepotan karena ada momongannya. Jadi bikinnya mesti dicicil pas si Otong lagi tidur. Mulai dari nyicil siapin bahannya, Mixer telurnya, ngetrim n dekor kuenya, sampai bawa ke rumah si empunya juga dicicil waktunya. Hehehehe. Jadi ini kue hasilnya juga gak terlalu maximal menurut saya karena yang bikin fokusnya terpecah - pecah kayak gelas dilemparkan biar ramai. Hehehehe... Ah, biarlah yang penting selesai pada waktunya. Yuukkk..
By the way selamat ulang tahun, keponakanku tersayang...

0

 Berawal dari pengen bikin sesajen buat arisan emak - emak rempong tingkat kelompok RT sampai ngubek - ngubek buku resep yang entah pada kemana setelah satu tahun istirahat dari dunia baking. Ini rumah, lemari dan rak buku pada berantakan semua. Secara dulu pas hamil paling males banget ngerjain pekerjaan rumah apalagi sekarang tambah ribet dan ada alasan untuk malasnya.  Hehehee.. Karena memang maksudnya adalah mau bikin sesuatu biar bisa dibawa ibu - ibu pulang ke rumah setelah arisan. Akhirnya buka - buka instagram liat - liat resep yang sekiranya pas dan banyak bersliweran. Maka pilihan jatuh kepada resep bolu gulung mbak Tintin Rayner. Emang sih resep - resep dari mbak Tintin ini sangat mudah sekali untuk dipelajari dan dipraktekkan. Resepnya simple dan praktis. Apalagi pas proses penggulungan, gak ada susah - susahnya sama sekali. Selain itu resep ini juga ekonomis jika dibandingkan resep - resep bolu gulung panggang pada umumnya. Yuk disimak dan cobain resep berikut.
Bahan :
  • 5 butir telur
  • 85 gram gula pasir
  • 1/2 sdm emulsifier (jangan diskip)
  • 70 gram tepung terigu protein rendah
  • 15 gram tepung maizena
  • 10 gram susu bubuk
  • 1 sdm air matang
Lelehkan :
  • 100 gram butter
Filling :
  • Selai strawbery atau sesuai selera
Cara membuat :
  1. Campur semua bahan, kecuali butter. Mixer sampai putih kental berjejak.
  2. Masukkan butter leleh, aduk balik sampai homogen.
  3. Tuang adonan ke dalam loyang persegi 24 cm yang telah dialas kertas roti dan diolesi margarin. Sisakan 2 sdm adonan dan beri pasta coklat untuk membuat motif pada kue.
  4. Panggang dalam oven dengan suhu 175 derajat celcius kurang lebih 25 menit, 15 menit api bawah, 10 menit api atas atau sampai matang dan permukaan atas kering.
  5. Keluarkan dari oven dan loyang, dinginkan. Biarkan bagian luar di atas.
  6. Olesi dengan selai strawberry, gulung menggunakan kertas roti, rapatkan.
  7. Simpan dalam lemari es agar cake set.
  8. Sajikan.





0

Author

authorHello, my name is Enggar Rahayu and I really love Baking n' Cooking! Follow our social media to get more info, tips and trick, etc



Total Pageviews