Follow by Email

Menu

HIU BUMBU KUNING


Baby shark du du du...
Baby shark du du du...
Enggak tahu mesti kasih nama apa sama masakan satu ini. Tadinya cuma penasaran dengan ikan ini karena gak biasa tahu orang jualan si baby shark ini apalagi di daerah yang jauh dari pantai seperti kotaku ini. Pas penjual ikan langganan posting status kalo di varian jualannya ada si baby shark langsung deh japrian mesen 2 ekor. Cuma gara - gara penasara aja pengen tahu wujud aslinya pas masih baby imut - imut itu kayak apa. Eh, nyampek di rumah malah bingung mau dimasak apa. Secara baru pertama kali ini beli ini ikan. Dari baunya amis banget deh ini ikan gak kayak ikan - ikan perairan dalam kayak tuna yang lebih segar aromanya. Jadi belum juga mulai masak sudah bayangin ngerinya dia kalau pas lagi makan ikan - ikan kecil temennya. Karena jadi illfeel duluan maka ditundalah rencana memasaknya sampai hari berikutnya. Sebelumnya dibersihin dulu tuh ikan baru masukin freezer. Kulitnya sih kasar tapi pas dikerok gak keluar sisiknya sama sekali. Biar ikan awet di dalam kulkas mesti dibersihin dulu semua mulai dari isi perut dan sisik - sisiknya biar gak bau amis dan cepet busuk. Terus cuci bersih taruh di wadah bersih tertutup. Kalau pengen ngilangin bau amisnya pas mau masak marinade dulu pake air perasan jeruk nipis dan garam. Karena menurut saya ikan ini baunya antar amis dan anyir, maka sebelum masak saya kasih dulu perasan jeruk nipis dan garam, terus digoreng kering. Dalam bahan - bahan bumbunya berikan kunyit, asam jawa, kemangi, belimbing sayur dan jahe untuk meminimalisir bau amisnya yang minta ampun bikin nyerah. Kali ini ikan ini saya bumbu kuning dengan jumlah cabenya agak banyak biar tambah hot. Resep ini saya dapat dari ibu ketika nanya enaknya dimasak apa ikan jenis kayak gini. Yuk ah, cus resepnya di bawah ini.
Bahan :
  • 2 ekor ikan hiu (kalau gak suka n gak tega ganti aja ikan jenis lain kayak tuna atau bandeng), bersihkan, cuci bersih, marinade dengan air perasan jeruk nipis dan garam, sisihkan.
Bumbu uleg :
  • 10 biji cabe rawit
  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 3 butir kemiri
  • 1/2 sdt asam jawa
Bumbu lainnya :
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya
  • 1 ikat kemangi
  • 1 buah tomat, potong jadi 4
  • 5 buah belimbing sayur (belimbing wuluh), potong - potong
  • 1 lembar daun salam
Bahan lainnya :
  • 500 ml air/santan
  • minyak untuk menggoreng ikan dan menumis bumbu
Cara Membuat :
  1. Goreng ikan yang telah dimarinade sampai kecoklatan atau ikan matang, tiriskan.
  2. Tumis bumbu ulegan sampai harum dan matang, beri air, potongan tomat, gula, garam dan daun salam, biarkan sampai mendidih.
  3. Masukkan ikan yang sudah digoreng, aduk rata biarkan sebentar agar bumbu meresap.
  4. Setelah bumbu meresap, masukkan potongan belimbing wuluh. Aduk dan biarkan sampai air sedikit menyusut.
  5. Setelah matang, masukkan daun kemangi, aduk sebentar, matikan kompor.
  6. Siap dihidangkan.








No comments:

Post a Comment

Author

authorHello, my name is Enggar Rahayu and I really love Baking n' Cooking! Follow our social media to get more info, tips and trick, etc



Total Pageviews