Follow by Email

Menu

LEKKER HOLLAND aka DUTCH BOTTERKOEK


Cake ini nampol banget deh rasanya. Selain lembut dan wangi, cake ini juga bikin ketagihan. Aslinya rakus. Heheheee... Cake dengan jenis butter cake seperti ini selalu jadi favorit saya karena proses pembuatannya yang mudah dan rasanya selalu mantap dikarenakan teksturnya yang padat lembut dan aroma butternya yang selalu menggugah selera. Dalam tahap pembuatan cake ini gunakan mode pengocokan kecepatan tinggi agar mentega tidak mencair dan bahan yang lain segera tercampur rata. Ketika memasukkan bahan kering jangan mengaduknya terlalu lama agar tidak terbentuk gluten dalam adonan yang dapat menyebabkan kue menjadi bantat dan keras, cukup sampai tercampur saja. Dan untuk menikmati cake jenis ini paling enak ketika cake sudah menginap dalam suhu ruang, karena jika cake disimpan dalam kulkas maka butter yang dalam cake akan menjadi beku dan tekstur kue menjadi kasar beremah. Untuk lebih jelasnya yuk coba resep berikut!!

LEKKER HOLLAND
Bahan :
  • 220 gram tepung terigu protein rendah/sedang
  • 100 gram unsalted butter
  • 100 gram margarin 
  • 1 butir telur
  • 125 gram gula pasir/halus
  • 1 sachet susu bubuk full cream
  • 1 sdt vanila bubuk

Topping :
  • almond slice, kismis, keju dsb (optional)

Bahan olesan :
  • 1 butir kuning telur kocok lepas

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang olesi dengan margarin/minyak tipis lalu alasi dengan baking paper olesi lagi dengan margarin.
  2. Panaskan oven pada suhu kurang lebih 160 derajat celcius.
  3. Dalam wadah campur telur, butter, margarin, vanila gula mixer dengan kecepatan tinggi sampai adonan rata, pucat, dan lembut.
  4. Masukkan campuran terigu dan susu bubuk yang sudah diayak, aduk rata dengan spatula sebentar saja.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan dengan spatula kemudian olesi permukaannya dengan kuning telur, kerat/garis dengan garpu, taburi dengan topping.
  6. Masukkan ke dalam oven dengan suhu 160 delcel api bawah selama 25 menit, kemudian api atas 15 menit atau sampai matang.
  7. Keluarkan dari oven, biarkan dingin, angkat dari loyang dan potong - potong sesuai selera.

step by step

No comments:

Post a Comment

Author

authorHello, my name is Enggar Rahayu and I really love Baking n' Cooking! Follow our social media to get more info, tips and trick, etc



Total Pageviews